Makanan Pantangan Sakit Liver yang Perlu di Waspadai

Kesehatan
sakit liver

Pada kesempatan kali ini akan di jelaskan tentang pantangan makanan untuk pengidap sakit liver, yang mana hal ini tentunya sangat penting untuk Anda tahu sebagai suatu langkah tepat atau upaya untuk dapat menyembuhkan penyakit liver yang sedang Anda alami. Memang tidak dapat di pungkiri apabila makanan memiliki pantangan yang cukup besar sangat berarti bagi kesehatan tubuh kita, maka sbeba itu sangat penting untuk mengetahui segala jenis makanan apa saja yang sehat bagi tubuh kita. Apalagi jika kita sedang dalam keadaan sakit parah seperti menderita sakit liver, tentunya tak boleh asal dalam memilih makanan yang tepat dan tidak membahayakan tubuh atau hati.

Baca Juga: Manfaat Pulau Tidung

Lalu apa saja makanan yang boleh di konsumsi bagi penderita liver? Dan jenis makanan apa yang harus di hindari oleh penderita penyakit liver? Harus diketahui juga bahwa pola makan yang bisa memicu terjadinya penyakit liver yaitu makanan yang mengandung lemak, dan hal tersebut menyebabkan luka dan apabila terdapat kuman di dalam empedu maka, akan menimbulkan infeksi . Karenanya, penting untuk mengetahui secara jelas, makanan pantangan sakit liver apa yang harus di waspadai seperti berikut ini :

  • Makanan Dengan Lemak Tinggi

Jangan makan makanan yang mengandung lemak berlebih seperti jeroan, serta makanan junkfood, santan, susu full cream, dan juga makanan yang di goreng dengan menggunakan minyak bekas atau minyak trans. Pantangan makan liver yang cukup sulit di hindari oleh pengemar makanan berlemak dan juga makanan cepat saji. Itu mengapa disarankan untuk yang memiliki sakit liver untuk menjauhinya.

  • Makanan yang Telah di Awetkan

Makanan pantangan sakit liver selanjutnya adalah makanan yang sudah diawetkan. Ada baiknya supaya liver bisa segera sebuh untuk bisa menjauhi makanan yang sudah di kemas dalam kaleng atau botol seperti saus, cornet, sambal, nata de coco, sarden dan sebagainya. Untuk makanan yang sudah diawetkan sudah masuk daftar sebagai salah satu penyakit pantangan liver.

  • Makanan yang Mengandung Gas

Sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi apapun makanan yang memiliki kandungan gas, sebab dapat mengiritasi dinding lambung dan juga meningkatkan asam lambung yang dapat mengganggu kesehatan hati. Seperti misalnya mentimun, nangka,ubi jalar, kembang kol dan lainnya.

  • Makanan Dengan Kandungan Rempah yang Panas

Untuk sementara di harapkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki citarasa aroma yang menyengat yang berasal dari rempah-rempah dan bersifat panas, sebba hal tersebut dapat melukai dinding hati dan juga lambung secara Bersamaan untuk penderita liver, seperti misalnya jahe, cuka, lada, cabe, bawang putih, bawang Bombay dan lainnya yang mendorong hati semakin sakit.

  • Minuman Mengandung Alkohol atau Berkarbonat

Untuk pantangan makanan liver lainnya yaitu tidak boleh meminum minuman yang mengandung karbonat atau alcohol.Minuman yang berkabonat akan secara cepat mengakibatkan iritasi pada system pencernaan yang kemudian akan merambat ke hati. Oleh karena itu, hindari segera minuman yang mengandung soda atau minuman yang mengandung alcohol.

Itulah beberapa pantangan makanan sakit liver yang harus di waspadai bagi penderita sakit liver. Tentunya pantangan ini memang cukup berat bagi beberapa orang, namun Anda juga harus tahu berapa besar efek positif yang di hasilkan akibat dari Anda menghindari makanan tersebut bagi kesehatan hati Anda. Dan tentunya dengan menghindari makanan tersebut, maka dapat mengurangi penyakit liver Anda dan berangsur membaik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *